Roti Gempol

Alamat : Jl. Gempol Wetan No.14, Bandung
 
Aneka Roti
Mau cerita dikit tentang tempat ini yah.. Kalo diliat dari sejarahnya, Kawasan Gempol adalah salah satu kawasan yang umurnya cukup tua di Bandung. Bayangin aja, kawasan ini dirancang oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1920-1935. Jadi kalo dateng ke kawasan ini, kita masih bisa ngeliat tipe rumah Belanda dengan atap miringnya. Karakteristik khas yang dimiliki kawasan ini adalah karakteristik perumahan sistem kuldesak/kantong yang tidak berubah hingga saat ini. Nah, di dalam kantong inilah terdapat satu toko roti yang sudah terkenal selama lebih dari 50 tahun. Emang gak tampak dari jalan besar, kita harus masuk sedikit ke dalamnya.

Toko itu adalah Toko Roti Gempol yang sudah berdiri sejak Tahun 1958. Menurut cerita nenek saya, setiap pagi ketika melewati Jl.Gempol ini sudah tercium aroma roti yang begitu nikmat. Pengunjung seringkali datang di pagi hari untuk ngedapetin roti yang masih hangat dan 'fresh from the oven', begitu pun nenek saya. Dia  dulu hobi banget ngajak saya kesini untuk beli roti tawar khas tempat ini. Kebiasaan dia, roti itu dimakan bersama dengan susu coklat hangat, hmm..nikmat. Menurutnya, roti disini empuknya beda. Lidah saya sebenarnya gak setajam dia sih, tapi saya juga ngerasain bahwa roti disini memang enak. Mereka jual roti tawar dengan 3 jenis yang berbeda, yaitu roti biasa, roti spesial dan roti super. Apa bedanya? ternyata campuran adonannya. Roti biasa pake air, roti spesial pake susu murni, dan roti super pake susu ultra. Harganya pun beda-beda, beda 1000. Selain roti tawar, mereka juga jual berbagai jenis roti isi, yang semuanya juga enak.

Kali ini, saya berkunjung ke tempat ini karena kangen rotinya. Saya beli roti tawar spesial, roti coklat, jagung dan keju. Seperti kebiasaan nenek saya dulu, saya bawa pulang rotinya, lalu sesampainya dirumah, saya makan roti ini dengan dicelupkan ke susu coklat hangat. Hmmm.. begitu juga dengan roti isinya. Biasanya saya hangatkan dulu dengan oven microwave supaya hangat. Emang lebih enak kalo makannya langsung pas rotinya mateng, tapi gini juga tetep nikmat kok :a


Roti Tawar, Roti Coklat, Roti Keju dan Roti Jagung
Roti Gempol Roti Gempol Reviewed by Unknown on 11/25/2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.