Surabi Notosuman

Alamat : Jalan Bengawan No.69C, Bandung Telp. (022)72222867
 

Surabi Coklat dan Original
Kali ini, saya mau cerita soal surabi. Surabi ini adalah salah satu jajanan yang banyak kita temuin di Bandung. Jajanan pasar ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung kanji dan terigu. Pantesan ya teksturnya empuk tapi ada kenyalnya sedikit. Selain itu, bahan lainnya adalah gula, garam dan santan, makanya rasanya guriiih banget. Ada asinnya dan ada manisnya juga. Terus adonannya ini dimasak di atas tungku, jadi ada aroma bakarnya, nyaam.
Pertama kali saya coba surabi ini waktu kecil, biasanya suka dibawain sama nenek saya. Surabinya dimakan pake kuah kinca (Campuran santan, gula merah dan pandan) atau ada juga yang pake oncom di atasnya. Naaah, itulah surabi khas Bandung.

Tapi ternyata saya baru tahu kalo ada jenis surabi lain loh, namanya surabi solo. Waktu pertama kali saya lihat, hooo..awalnya heran, kok ini surabinya tipis terus digulung pakai daun pisang ya. Pas nanya, oh ternyata itu adalah surabi solo. Rasanya enaak. Kalo dibandingin, surabi Solo ini lebih ringan dan kenyal, sedangkan surabi Bandung lebih padat.

Akhirnya setelah saya cari, surabi solo yang terkenal itu adalah Surabi Notosuman yang tokonya ada di Jl Ahmad Yani (Sekarang di Jl Bengawan). Pas saya kesana langsung ditawarin sama mbaknya mau surabi polos atau coklat, dan bisa request mau digulung atau enggak. Waktu itu saya beli sebungkus buat cemilan di rumah, nyamnyam. Nah, kalo kita dateng langsung ke tokonya, ada cemilan2 lainnya juga. Salah satu yang saya beli adalah lalampa. Lalampa adalah makanan khas Sulawesi. Hampir sama dengan lemper yang dibuat dari ketan yang dibungkus daun pisang. Tapi bedanya lalampa ini isinya ikan tongkol dan rasanya ada pedas dari rempah2nya. Enak deh pokoknya :a :a


Makanan Ringan
Lalampa
Surabi Notosuman Surabi Notosuman Reviewed by Unknown on 12/06/2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.