Ibada (Ikan Bakar Daun)

Alamat : Jl. Lengkong Kecil No.86 Bandung, Telp. 4237664

Nah, sekarang giliran saya ngomongin kuliner dari wilayah tengah Indonesia, yaitu Pulau Sulawesi. Apa sih yang khas dari kuliner Sulawesi? Mungkin yang udah terkenal dan familiar di telinga kita adalah makanan khas Manado dan Makasar. Manado dengan Bubur Manado dan Cakalang Fufunya, sedangkan Makasar dengan Sop Konro, Coto, Palu Butung dan Pisang Ijonya. Makanan-makanan itu emang udah jadi ciri khas kedua daerah itu dan udah banyak dijual di luar kedua daerah itu. Tapi yang saya penasaran itu adalah makanan khas di daerah lain di Sulawesi (Palu, Gorontalo, Kendari dan Mamuju). Apa yah yang khas di daerah-daerah itu? Kebetulan beberapa bulan lalu saya ada kerjaan di Sulawesi, yaitu di Gorontalo dan Palu. Asiiik..pengalaman baru nih (pengalaman kuliner maksudnya). Buat saya, melakukan perjalanan ke daerah utk kerjaan jadi menyenangkan karna saya bisa jalan-jalan dan wisata kulinerrr hehe..Nyobain makanan khas suatu daerah langsung dari tempatnya kayanya lebih mantep aja :p. Nah..di kedua tempat ini saya langsung tanyain makanan khas di kedua tempat itu. Di Palu saya dikenalkan dengan Kaledo, sedangkan di Gorontalo ada  kokole dan berbagai olahan jagung. Tapi menurut orang setempat, makanan yang sering dijumpai di seluruh daerah di Sulawesi adalah berbagai hidangan ikan serta bumbu khasnya. Saat di Gorontalo maupun Palu pun saya diantarkan ke tempat makan ikan. Dan benar, menu yang ditawarkan di kedua tempat itu pun gak jauh berbeda. Hidangan ikan, tapi cara masaknya tentu beda dengan di Jawa. Kalo di Bandung, ikan biasanya dibakar kecap atau digoreng trus dikasih sambel kecap, jadi rasanya cenderung manis. Kalo di Sulawesi itu rasanya cenderung asam dan segar. Disini, ikan itu dibakar, direbus atau dikukus lalu dikasih bumbu khas yaitu rica (yang artinya pedas atau cabai. Bumbunya dari cabai, bawang, jeruk nipis, dll) dan woku (bumbunya dari daun jeruk, kemangi, kunyit dan lainnya. Jadi bumbunya itu berwarna kuning dan segerrr). Gak lupa sambal dabu-dabunya yang dibuat dari cabai, tomat, bawang merah dan jeruk nipis. Hmm..menarik. Jadi walopun sama-sama ikan, tapi setiap daerah punya cara masak yang beda-beda yah.

Nah..kemarin ini saya keingetan lagi. Pengen makan ikan spt waktu di Sulawesi tapi dimana yah di Bandung? Setelah nyari-nyari, saya nemu nih tempat makan ikan khas Sulawesi, yaitu Ibada (Ikan Bakar Daun), tempatnya di Lengkong Kecil. Di plangnya ada tulisan "Lautan Ikan Segar Bumbu Spesial Bakar Daun Khas Sulawesi". Ini dia yang saya cari! Walopun yang khas dari rumah makan ini adalah Ikan Bakar Daunnya, tapi saya pesen yang saya cari yaitu Ikan Masak Woku. Nyam..nyam..Di sini ada Ikan Cakalang, Tude, Kuwe, Kurapu, Kakap, Etong dan Udang. Kalo saya sih paling suka Kurapu. Selain ikan-ikanan, ada juga cah kangkung, sayur terong jagung, sayur pait, kuah asam cakalang dan perkedel jagung. Karna emang lg pengen yang seger-seger, saya pesen Kuah Asam Cakalang. Ok! Jadi saya pesen nasi putih + kurapu masak woku + kuah asam cakalang + segelas teh. 1 porsi kurapu ini harganya 13000. Kalo kuah asam cakalangnya 8000. Rasanya? segerrr..dan wokunya ini ditambah cabe ijo jadi ada pedes-pedesnya. Saya sih suka banget yang kaya gini, trus tambah sambal dabu2nya makin deh, sedeeep! :a


Ibada (Ikan Bakar Daun) Ibada (Ikan Bakar Daun) Reviewed by Unknown on 1/04/2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.