Taste of India

Alamat : Jl. Pasir  Kaliki No.44 Bandung, Telp. 4234941

Dari dulu saya seriiiing banget liat makanan India di acara-acara TV (terutama di acara Food Safari --> acara di Travel Living Channel yang ngebahas kuliner di penjuru dunia). Udah lama pengen ngerasain tapi gak pernah kesampeian :( Saya yakin semua orang juga tahu makanan India.  Setidaknya kalopun belum pernah ngerasain tapi pernah liat dan denger ya kan? Setiap ngedenger makanan India pasti yang kepikiran adalah makanan yang identik dengan bumbu kari yang kaya rempah. Hmmm..buat yang suka makanan dengan aroma dan rasa yang tajam kayanya cocok nih (termasuk saya :p). Tapi sayangnya susah juga nyari makanan India di Bandung, sampe akhirnya saya denger kalo ada restoran yang khusus ngejual makanan India di Bandung. Asli loh..bahkan katanya kokinya didatangkan dari luar negeri. Nama restorannya adalah "Taste of India". Ok..dari namanya juga udah tergambarkan sekali kalo ini adalah restoran India. makiin penasaran!! Ternyata lokasinya di Jl. Pasir Kaliki (di seberang Hotel Guci). Begitu masuk langsung kecium bau rempah yang enak banget. Suasananya juga India banget yak, bahkan sampe TV nya pun menayangkan acara India..hehe goody! Begitu menu dateng, jujur saya bingung banget, karena pilihannya banyak banget dan namanya India semua. Tapi sang pelayan menjelaskan dengan ramah dan penuh kesabaran. Maklum, saya tanya  semua makanan yang ada di menunya satu2 "ini apa Mas? ini apa Mas?".

Jadi...secara garis besar, menu India yang ditawarkan itu dibagi menjadi 4, yaitu vegetable, chicken, beef dan mutton. Apa itu Muttooon? "oh itu kambing" (kata pelayannya). Waktu saya coba googling juga katanya : mutton itu domba. Bedanya ama kambing? mutton lebih tua sehingga rasanya lebih kaya, tapi dagingnya bisa lebih keras kalo masaknya gak bener. Biasanya emang sering dikonsumsi oleh orang Timur Tengah dan Inggris. Ke-4 bahan dasar itu diolah dengan cara yang berbeda (dan banyaaak banget). Ada yang dimasak dengan yoghurt, tomat, bawang bombay, paprika, bumbu India, daun kemangi, dll. Karena saking banyaknya saya  bingung dan langsung tanya aja ama pelayannya "Mas, saya pengen yang daging sapi, pakai bumbu kari India dan yang paling enak apa yah?". Langsung ditunjuk satu jenis hidangnya bernama "Korai Ghost beef", yaitu potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu Kari India disajikan dalam wajan. Ok! itu aja deh. Lauk-lauk ini bisa dimakan dengan nasi, basmati, paratha (roti khas India) dan chapati (roti  khas India dengan bahan dasar gandum). Hmm..saya pesen paratha aja deh (karna emang udah sering liat di TV dan penasaran aja, beda ga yah ama roti cane khas Aceh ituh?). 1 paratha ini harganya 5.000 rupiah, sedangkan 1 wajan korai ghostnya 65.000 dengan porsi yang banyak banget. 1 wajan mungkin bisa dimakan ama 4 orang (kalo menurut saya sih :p). Rasanya? so pasti enaaak. Bener2 seperti yang saya bayangkan. Kuah kari yang kental dengan aroma dan rasa berbagai rempah nyampur jadi satu. Trus dimakan pake parathanya. supeeer..lezato!


 
Taste of India Taste of India Reviewed by Unknown on 1/02/2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.