Mamink Daeng Tata

Alamat : Jl Setiabudi No. 153 Bandung (Seberang Enhai)

Buat yang nyari makanan khas Makasar seperti iga bakar, coto makasar, sop konro, es pisang ijo dan palubutung yang tep-mantep, ada satu tempat makan yang udah terkenal di Bandung, yaitu Mamink Daeng Tata ato biasanya dikenal juga dengan Tata Ribs, tempatnya di seberang Enhai. Menu yang disediain disini adalah makanan khas Makasar. Ada apa aja? Ada menu andalannya yaitu tata ribs (iga bakar yang dikasih bumbu kacang dan kuah konro), coto daeng tata, konro c dan konro biasa (bedanya cuma di ukuran porsinya. Yang satu lebih jumbo). Trus ada juga menu lainnya seperti nasi goreng, capcay, coto mie dan mie titi (semacam ifumie). Lauk tersebut bisa kita makan dengan nasi atau ketupat. Trus ada juga bubur polos, abon, telur dan ikan. Gak  cuma sapi, mereka juga nawarin menu ikan bakar. Ada ikan gurame, bandeng, bawal dan kerapu.

Nah, buat minumannya, udah tau kan yang khas dari Makasar? ya, es pisang ijo dan palubutung. Buat yang belum tau, es pisang ijo itu adalah minuman yang isinya adalah pisang ijo (pisang yang dibalut dengan tepung beras dan tepung sagu kemudian direbus), bubur (yang dibuat dari santan, tepung besar dan gula pasir), trus diatasnya dikasi serutan es, sirup dan susu kental manis. Sluuurp.. Nah, kalo palubutung juga sama, gak jauh bed. Bedanya, disini pisang gak dibalut adonan tepung beras dan tepung sagu, jadi cuma dikukus dan dipotong2. Buat saya sih dua2nya enak, tapi saya lebih suka pisang ijo :p Selain itu, minuman lainnya adalah es campur, es kacang merah, teh obeng dan soft drink.

Setelah baca menunya, skrg saatnya memesan :) Dari dulu, makanan yang paling  saya suka dan menurut saya paling mantep disini adalah tata ribsnya. Pertama, karena ukurannya  yang jumbo (cocok buat yang porsi makannya jumbo kaya saya :p). Kedua karna dagingnya empuk banget, cukup dicolek dikit langsung lepas dari tulangnya. Ketiga, karna ini dibakar jadi bagian luarnya kering dan ada aroma2 bakarnya :a. (Kalo sop konro kan dagingnya cuma direbus aja). Dan terakhir, karna perpaduan bumbu kacang dan kuah konronya yang yahud banget. Untuk harga, tata ribs ini emang paling mahal dibanding menu lainnya. Satu porsinya dihargai 29.500, sedangkan kalo coto hanyanya 14.000, konro 17.500-27.500, nasi goreng 6.000, capcay 6.000, coto mie 6.000 dan mie titi 15.000. Tapi karna harganya lebih mahal, kepuasannya juga beda dong :a Lalu untuk minumnya saya pesen es pisang ijo. Satu porsinya ini harganya  12.500. Oiya, jangan lupa makannya pake sambelnya yak, karna sambelnya ini juga bikin makanan tambah enak. Jadi ada sensasi rasa pedas dan asam di lidah..nyammm !!! Langsung aja liat gambarnya, biar makin ngiler :)))


Mamink Daeng Tata Mamink Daeng Tata Reviewed by Unknown on 3/20/2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.