Ayam Karmila

Jl. Sabang 63 (Pertigaan dengan Cihapit) Bandung

Ayam Goreng Rempah Rawit dan Sambal Bawang Rahasia Karmila
Waaaah.. saya terpana banget waktu beberapa hari yang lalu lewat Jl Cihapit. Ada tempat makan yang super catchy. Plangnya gede banget sampe bikin orang yang lewat pasti tertarik (termasuk saya heheh). Di plangnya tertulis "Karmila", "4 resep ayam khas Jameela racikan lebih dari 35 rempah". Hooo.. ini menarik banget. Langsung kebayang berbagai sajian ayam goreng yang kaya rasa. Bayangin aja, 35 rempah! Pastinya semua rasanya beradu di lidah. Nyaaam..
Selain itu, ada yang bikin saya lebih tertarik lagi waktu baca plangnya. Apa itu? Di situ ada tulisan "8 jenis sambal geledek yang menggelegar". Waaaawww, ini dia nih! Buat saya yang penggemar pedas, tempat makan kaya gini yang wajib dicoba :D Nggak pikir panjang akhirnya saya langsung cari parkir deh.

Begitu masuk, tempatnya nyaman dan luas. Ada dua lantai, yaitu lantai bawah untuk smoking area dan lantai atas untuk no-smoking area. Karena waktu itu lantai bawah udah penuh, akhirnya saya coba di lantai atas. Waah.. wangi rempahnya aja udah kecium begitu masuk, bikin makin penasaran. Begitu liat menunya, langsunglah saya bingung. Semuanya tampak menarik, apalagi di bagian pilihan sambalnya hohoho. Jadii, di Ayam Karmila ini menu favoritnya ada 4, yaitu Ayam Favorit Mbak Karmila (ayam bakar dengan kombinasi lebih dari 35 rempah khas), Ayam Bakar Manis Mbak Karmila (ayam bakar yang direndam sampe ayamnya lembut dan rasanya manis), Ayam Goreng Gurih Lengkuas (ayam goreng gurih, dengan olahan rempah khas dan lengkuas) dan Ayam Goreng Rempah Rawit (ayam goreng rempah dengan campuran cabe rawit). 

Gimana, Bingung kan? hehe.. Kalo saya sih udah pasti pesan Ayam Goreng Rempah Rawit, pasti ini enak banget. Selain itu, temen saya juga pesan Ayam Goreng Gurih Lengkuas karena dia nggak suka pedas. Nah, sekarang untuk sambalnya, ada 8 pilihan. Apa aja? Sambal Merah Domba membara, Sambal Mangga yang The Best, Sambal Pedas Manis Si Mbak, Sambal Tomat Yang Terkenal, Sambal Karmila Juara Dunia, Sambal Hejo yang Warnanya Hejo, Sambal Bawang dengan Jeruk Nipis dan Sambal Bawang Rahasia Karmila. Walaaah..ini saya pengen semua ini. Milihnya aja sampe lama banget dan akhirnya saya tanya aja ke pelayannya, mana yang paling recommended. Akhirnya ditunjuklah Sambal Karmila Juara Dunia dan Sambal Bawang Rahasia Karmila. "Baiklaaah saya pesan yang dua itu aja ya Mbak, makasih.." Dan ternyata, selain bisa milih ayam dan sambalnya, kita juga bisa pilih nasinya. Ada nasi putih, hainan, nasi pedas dan nasi merah. Hmmm.. Nasi hainan kayanya enak juga yah. Saya juga pesan kol goreng, makanan wajib saya kalo makan ayam goreng.

Nggak begitu lama, akhirnya pesanan dataaang. Wowww, wangi banget, makin nggak sabar buat icip-icip. Ayamnya ini garing di luarnya dan dagingnya empuk dan gurih. Artinya, bumbunya meresap ke dalam, nyaam nyam. Kremes2nya ini renyah dan bikin rasanya makin enak karena di sinilah sumber berbagai rasa rempah istimewa itu. Pedas dari rawitnya bikin (sedikit) keringetan. Nggak terlalu pedas kok, tapi cukup ngasih rasa2 nendang sedikit di lidah :a Okee, sekarang saatnya coba sambalnya. Wedeehh.. Nikmat banget. Nggak cuma pedas tapi rasanya juga ramee. Gurih, manis, asam, pedas, semua berpadu. Apalagi dicampur dengan ayam dan nasinya. Mantap! Saya langsung seuhah-seuhah kepedesan tapi nagih pengen nyuap terus :) Oiyah, selain menu ayam dan nasi, di sini juga kamu bisa cobain Jengkol Balado, Sayur Asem, Pepes Usus, Perkedel, Tempe Tahu dan masih banyak lagi. Yuk ah, biar nggak penasaran langsung coba aja yuuk!

Ayam Goreng Gurih Lengkuas dan Sambal Karmila Juara Dunia
Kol Goreng

Ayam Karmila Ayam Karmila Reviewed by k on 12/10/2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.